Pengertian Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh, zat ini biasanya akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat lainnya termasuk di ginjal dalam bentuk kristal-kristal. Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.



Penyebab

Penyebab penyakit asam urat dibagi dua macam, yaitu :

Penyebab Asam Urat Primer
Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseong namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal bermasalah.

Penyebab Penyakit Asam Urat Sekunder
Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Gejala

-Persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, bahkan sampai bengkak dan kemerahan dikarenakan asam urat sudah mulai meradang
-Nyeri pada persendian yang terjadi pada pagi hari/malam hari
-Nyeri pada persendian kaki, tangan, tumit, serta siku secara berulang-ulang
-jika nyeri yang dirasakan tidak berhenti juga bisa jadi si penderita menjadi kesulitan untuk bergerak

Alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau tes laboratorium untuk mengukur kadar asam urat kita. Biasanya untuk penderita penyakit asam urat memiliki kecenderungan untuk memiliki penyakit lainnya seperti hipertensi, ginjal, dan juga diabetes jika tidak ditangani sesegera mungkin.

 Pencegahan

Cara mengatasi asam urat antaralain :
-Selalu berfikir positif.
-Mengendalikan emosi dan menghindari konflik.
-Terapkan pola hidup sehat yang baik dan teratur.
-Seimbangkan masa aktif dan masa istirahat.
-Segera kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung purin.
-Segera lakukan upaya penyembuhan ginjal, jika ginjal sakit.
-Segera hentikan dan jauhi segala bentuk minuman beralkohol.
-Hentikan mengkonsumsi obat-obatan kimia kecuali memang terpaksa sesuai anjuran dokter.
-Perbanyaklah minum air putih.

Pengobatan

Ketidak-mampuan ginjal dalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan oleh ginjal itu sendiri atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, di jamin tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal.Oleh karena itu, bagi anda yang menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjal anda. Saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius.

Obat herbal penyakit asam urat yaitu Ace Maxs. Mengapa harus Ace Max's ? karena Ace Max's merupakan salah satu obat herbal terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda. Obat herbal asam urat ini menjadi solusi tepat karena sudah terbukti ampuh dapat mengatasi asam urat sampai ke akar-akarnya secara aman tanpa efek samping.

Informasi Selengkapnya : Cara Mendapatkan Produk Ace Max's

Related Posts: